Header Ads

Jalur-jalur Pendakian Gunung Merbabu

Gunung Merbabu, sudah menjadi salah satu gunung populer bagi para pendaki sejak dahulu. Terletak di wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali Jawa Tengah.

Gunung Merbabu dilihat dari lereng Merapi

Gunung dengan ketinggian 3142 mdpl ini dahulu awalnya hanya memiliki jalur, Thekelan, Cunthel, Wekas dan Selo. Yang paling populer adalah jalur Thekelan dan Selo. Sekarang jalur Thekelan sudah jarang dilewati. Sedangkan jalur Ngagrong saat ini belum menjadi jalur resmi, dan merupakan medan pendakian yang curam dan berat, sehingga jalur ini kurang populer di kalangan pendaki gunung pada dekade sebelumnya, sampai sekarang jalur ini pun kurang dikenal.

Sekarang telah muncul jalur-jalur baru sehingga terdapat 6 jalur dengan medan dan estimasi waktu yang bervariasi. Jalur Thekelan dan Selo memiliki track yang lebih panjang dibanding jalur lainnya. Tentunya dengan menyuguhkan keindahan panorama masing-masing.

Batu di puncak Kentengsongo
Bagi yang akan mendaki gunung Merbabu, semoga informasi ini bisa menjadi referensi memilih jalur pendakian Gunung Merbabu.

1. Jalur Pendakian Merbabu via Thekelan :
Estimasi waktu : 7 - 8 jam (Pos Pending → Pos 1 Gumuk → Pos 2 Lempong Sampan → Pos 3 Watu Gubug → Pos 4 Pemancar → Pos 5 Helipad → Puncak Syarif.

Petunjuk jalan menuju basecamp :
a. Dari arah jalan Solo - Semarang, start point dari Salatiga (perempatan Pasar sapi) → menuju arah Kopeng  → menjelang sampai lokasi wisata Kopeng, sehabis jalan tanjakan ambil kiri melewati bumi perkemahan Umbul Songo → ikuti jalan sampai ke desa Thekelan dan ada baiknya bertanya kepada warga sekitar.

b. Dari arah Magelang atau Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng → 50 meter setelah Gerbang Lokasi Wisata Kopeng, terdapat gang di kanan jalan menuju desa Thekelan. Untuk menuju desa Thekelan harus melewati hutan Pinus bumi perkemahan Umbul Songo.

Tidak ada plang petunjuk yang jelas untuk menuju basecamp desa Thekelan, disarankan untuk bertanya warga setempat.

Jalur pendakian Merbabu (Jalur Utara : Thekelan, Cunthel, Wekas, dan Ngaduman)

2. Jalur Pendakian Merbabu via Cunthel
Estimasi waktu : 7 - 8 jam (Pos bayangan 1 & 2 → Pos 1 sampai Pos 4 (Pemancar) → persimpangan puncak Syarif - Kentengsongo

Medan : menanjak tidak ada bonus sampai Pos 4 (Pemancar)

Gerbang menuju basecamp Cuntel

Petunjuk jalan :
a. Dari arah jalan Solo - Semarang, start point dari Salatiga (perempatan Pasar sapi) → menuju arah Kopeng  → menjelang sampai lokasi wisata Kopeng, sehabis tanjakan panjang ambil jalan lurus (terdapat gapura/gang)  → ikuti jalan sampai ke desa Cunthel.

b. Dari arah Magelang atau Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng → sampai di Kopeng, masuk gapura kanan jalan menuju desa Cuntel.

Ketika sampai di obyek wisata Kopeng, terdapat petunjuk menuju basecamp Cuntel

3. Jalur Pendakian Merbabu via Wekas
Estimasi waktu : 7 jam (Pos 1, Pos 2, Pos Watu Tulis (Pos 5 Jalur Thekelan dan Cunthel), Persimpangan Puncak Syarif - Kentengsongo)

Medan : menanjak tanpa bonus sampai Pos Watu Tulis

a. Dari Magelang :
Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng → sampai di pertigaan menuju Keteb maju lagi sekitar 200 meter sampai di Pasar Kaponan→ di kanan jalan terdapat gapura menuju desa Wekas.

b. Dari arah Semarang, Solo : start point dari perempatan pasar sapi Salatiga, pilih jalan arah Kopeng → dari Kopeng tetap saja mengikuti jalan menuju ke arah desa Kaponan / Magelang → sampai di pasar Kaponan (sebelum pertigaan ke arah Keteb) masuk gapura kiri jalan menuju desa Wekas.

4. Jalur Pendakian Merbabu via Suwanting
Estimasi waktu : 6 jam 30 menit (Pos 1 sampai Pos 3, Puncak)
Medan : menanjak tanpa bonus.

Petunjuk jalan menuju basecamp :
a. Dari arah Magelang, Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng / Keteb→ sampai di pertigaan Pasar Kaponan belok kanan ke arah Keteb / Selo → sampai di desa Banyuroto (kurang lebih 500 m sebelum sampai Keteb Pass) terdapat gang di kiri jalan menuju basecamp Swanting

b. Dari Semarang : melalui jalur utama Semarang - Solo, start point dari perempatan pasar sapi Salatiga, pilih jalan arah Kopeng → dari Kopeng tetap saja mengikuti jalan menuju ke arah Magelang → setelah pasar Kaponan sampai di pertigaan, belok kiri ke arah Keteb / Selo → gapura desa Suwanting ada di kiri jalan.

c. Dari Solo : melalui jalur utama Solo - Semarang, setelah Bank Jateng Boyolali terdapat perempatan, belok kiri menuju arah Selo → terus ikuti jalan menuju ke Keteb Pass → sampai di lokasi wisata Keteb, terus ikuti jalan menuju ke arah pasar Kaponan → gapura desa Suwanting berada di kanan jalan.

Jalur Suwanting dengan hamparan sabana

5. Jalur Pendakian Merbabu via Selo
Jalur selo menjadi jalur yang banyak dipilih para pendaki merbabu, karena menawarkan keindahan yang berbeda dengan banyaknya hamparan sabana yang betul-betul indah.
Spot cantik di area Pos 3 Merbabu jalur Selo

Medan :
* Basecamp - Pos 1 = hutan pinus dan vegetasi pohon tinggi, terdapat banyak bonus
* Pos 1 - Pos 2 = hutan dengan pohon-pohon tinggi, tanjakan tanpa bonus
* Pos 2 - Pos 3 = hutan dengan pohon tinggi, tanjakan tanpa bonus
* Pos 3 - Sabana 1 = tidak ada tanaman tinggi, hanya ada tanaman rendah (padang sabana), jalur menanjak
* Sabana  1 - Sabana 2 = hamparan sabana, masih ada sedikit bonus sebelum medan menanjak
* Sabana 2 - Puncak Triangulasi = hamparan sabana, cukup menanjak

(Baca juga Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo)

Estimasi waktu : kurang lebih 8 jam dengan kecepatan normal ( Pos 1 Dok Malang, Pos 2, Pos 3 Batu Tulis, Pos 4 Sababa I, Pos 5 Sabana II, Puncak Triangulasi)

Petunjuk jalan menuju basecamp :
a. Dari arah Magelang, Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng / Keteb→ sampai di pertigaan Keteb belok kanan ke arah Keteb / Selo→ 100 meter setelah obyek wisata Keteb Pass akan sampai di pertigaan, belok kiri untuk menuju ke Selo
→ ikuti jalan sampai bertemu papan petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo, belok kiri di gang menuju basecamp.

b. Dari Semarang, Salatiga : Start point dari Salatiga menuju ke Boyolali, sampai di perempatan persis sebelum Bank Jateng Boyolali belok ke kanan ke arah Selo (terdapat rambu petunjuk arah ke Selo). Perjalanan kira-kira 40 menit untuk sampai di Kecamatan Selo. Basecamp berada di kanan jalan, terdapat petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo.

c. Dari Solo : Dari Solo melalui jalur utama Solo - Boyolali, setelah pasar Boyolali sampai di perempatan persis setelah Bank Jateng Boyolali belok ke kiri ke arah Selo, terdapat rambu petunjuk arah ke Selo. (Sama seperti di atas)

6. Jalur Pendakian Merbabu via Ngagrong
Estimasi waktu : 8 jam (4 pos)
Tahun dibuka : 1996

Petunjuk jalan menuju desa Ngagrong :
a. Dari Arah Semarang : jalur utama Semarang - Solo turun di Tugu Lilin Ampel, masuk gang kanan jalan menuju desa Ngagrong.

b. Dari arah Solo : sebaliknya dengan arah dari Semarang.

Selamat mendaki..
Jangan lupa bawa turun sampahnya yaa..