Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo - Tenda Inspirasi

Cari topik di sini....

Friday, October 6, 2017

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah yang terbagi dalam 3 wilayah, yaitu Kab. Semarang (sisi utara), Kab. Magelang (sisi barat), dan Kab. Boyolali (sisi selatan dan timur). Dari atas gunung dengan ketinggian 3124 mdpl ini, pendaki dapat memandang bebas view gunung Merapi di depan mata dan hamparan bunga Edelweys di sabana gunung Merbabu.

Jalur pendakian gunung Merbabu via Selo

Selain letaknya yang berada di samping gunung Merapi, gunung Merbabu memiliki keindahan sabana yang memikat, terutama jika melewati jalur Selo, Kab. Boyolali. Jalur ini menjadi jalur yang paling ramai setelah tahun 2010-an seiring dengan makin populernya hobi naik gunung.

Jalur selo di tahun 90-an kurang dipilih karena jalurnya yang lebih panjang. Selain itu karena naik gunung belum seramai saat ini, jalur Selo belum terdapat papan petunjuk yang memadai. Pada waktu itu tidak sedikit pendaki yang tersesat karena banyaknya percabangan jalan setapak. Sekarang jalur ini lebih favorit bagi semua kalangan karena pemandangan sabananya juga dan jalurnya yang landai.

INFO JALUR PENDAKIAN

a. Basecamp Selo
Pendaki wajib melakukan registrasi di basecamp. Sambil mengecek perlengkapan dan bekal, Anda bisa beristrirahat sejenak sebelum memulai pendakian.

b. Pos 1 Dok Malang - Pos 2 Pandean
Jalur cukup landai, ada tanjakan menjelang sampai pos bayangan.
Lama perjalanan : +- 1 jam

Pos 2 menuju Pos 3 dengan jalur landai

c. Pos 2 Pandean menuju Pos 3 Batu Tulis
Jalur masih terbilang landai.
Lama perjalanan : +- 45 menit
Pos 3 sangat cocok untuk mendirikan tenda, karena dataran yang rata dan sangat luas.
Vegetasi pos 3 sudah mulai dipenuhi bunga edelweys, dan di sinilah mulai disuguhi keindahan sabana Merbabu.

Pos 3 Batu Tulis - Jalur pendakian Merbabu via Selo

c. Pos 3 Batu Tulis menuju Sabana 1
Jalur ini adalah medan paling berat karena tanjakannya yang paling terasa di kaki daripada sebelumnya, dan ujian paling berat di jalur ini, hehehe..
Hati-hati jika naik pada musim hujan, karena tanjakan ini sangat licin.

Sabana 1 jalur pendakian Merbabu via Selo

d. Sabana 1 menuju Sabana 2
Sampai di sabana 1, pemandangan mulai membuat mata betah. Penampakan gunung Merapi semakin terlihat jelas di depan mata. Tempat ini juga cocok untuk mendirikan tenda, karena space cukup luas dan pemandangan yang tidak kalah cantik dengan view di pos 3.
Track sampai ke Sabana 2 masih berupa tanjakan tanpa bonus, tapi tidak seberat sebelumnya.
Waktu perjalanan +- 45 menit.

Sabana 2 jalur pendakian Merbabu via Selo

e. Sabana 2 menuju Puncak
Selama perjalanan menjelang puncak, mata pasti akan dimanjakan dengan hamparan Sabana dengan latar gunung Merapi. Sabana 2 juga cocok untuk mendirikan tenda karena space cukup luas. Namun jika cuaca sedang kurang bersahabat, lokasi ini sering terdapat badai gunung. Tinggal sedikit waktu untuk mencapai puncak kurang lebih 1 – 1,5 jam. Jika ingin menikmati sunrise di puncak, bisa bangun jam 3 pagi untuk sarapan kemudian summit attack.

Merbabu memiliki beberapa puncak, yaitu Trianggulasi, Syarif, serta Kenteng Songo sebagai puncak utama.
Dinamakan Kenteng Songo karena pada puncak ini terdapat beberapa batu "lumpang" (seperti batu untuk tempat menumbuk). Dipercaya bahwa batu itu berjumlah 9 menurut pengamatan spiritual.

Sedangkan nama Syarif adalah seseorang yang kabarnya dahulu tinggal di puncak Gunung Merbabu. Menurut cerita, mbah Syarif dulunya adalah tokoh yang dihormati yang mengasingkan diri di puncak.

PETUNJUK JALAN / TRANSPORTASI MENUJU BASECAMP SELO

a. Dari arah Magelang, Yogyakarta : Start point dari Terminal Tidar → belok kanan di pertigaan setelah lampu merah Canguk, menuju ke arah Kopeng / Keteb→ sampai di pertigaan Keteb belok kanan ke arah Keteb / Selo→ 100 meter setelah obyek wisata Keteb Pass akan sampai di pertigaan, belok kiri untuk menuju ke Selo
→ ikuti jalan sampai bertemu papan petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo, belok kiri di gang menuju basecamp.

b. Dari Semarang, Salatiga : Start point dari Salatiga menuju ke Boyolali, sampai di Bunderan simpang lima Bank Jateng Boyolali belok ke kanan ke arah Selo (terdapat rambu petunjuk arah ke Selo). Perjalanan kira-kira 40 menit untuk sampai di Kecamatan Selo. Basecamp berada di kanan jalan, terdapat petunjuk menuju basecamp Merbabu via Selo.

c. Dari Solo : Dari Solo melalui jalur utama Solo - Boyolali, setelah pasar Boyolali sampai di bunderan simpang lima Bank Jateng Boyolali belok ke kiri ke arah Selo, terdapat rambu petunjuk arah ke Selo. (Sama seperti di atas)

Merapi dari atas sabana Merbabu
Sumber gambar : instagram.com

Tambahan Informasi Penting

* Sepanjang jalur pendakian Selo tidak ada sumber air, jadi cukupi kebutuhan bekal air minum anda dari basecamp.
* Tempat yang direkomendasikan untuk mendirikan tenda minimal di Pos 3 Batu Tulis. Tempat camp berikutnya bisa memilih di Sabana 1 atau Sabana 2.