Header Ads

Tips Memilih Tas Gunung (Tas Keril)

Tas gunung atau biasa kita sebut keril adalah peralatan pertama yang kita siapkan saat merencanakan naik gunung. Kita pasti sepakat bahwa yang pertama kita siapkan pasti adalah tas keril, karena di sinilah semua perlengkapan dan bekal akan kita bawa. Bagi yang mau membeli keril, pertimbangkan beberapa hal agar tas keril yang nyaman dan aman saat digunakan. Terlepas dari merk keril terkenal atau tidak, mahal atau murah, keril yang kamu pilih sebaiknya keril yang memenuhi standart dalam hal fungsi dan kenyamanan.

Memilih Tas Gunung / Keril
Apa saja yang perlu pertimbangkan dalam memilih tas gunung / keril..


1. Kualitas keril
Saat membeli tas gunung, pertama-tama cek dahulu apakah bahan keril, model jahitan atau aksesoris seperti tali keril didesain kokoh atau tidak. Jahitan pada keril umumnya didesain lebih kokoh dengan jahitan berlapis-lapis (artinya tidak hanya sebaris seperti jahitan baju). Kemudian cek pula apakah aksesoris tali atau pengikat pada tas juga kuat, termasuk bagian penguncinya.

2. Busa pada pundak dengan lapisan tebal Pada saat membawa keril, bagian tubuh yang paling memiliki beban adalah pundak. Busa yang tipis pada keril akan menyebabkan pundak cepat pegal dan lelah. Busa yang tebal akan lebih mengurangi beban yang berat dari tas keril.

3. Frame dan air bag system
Keril yang nyaman adalah keril yang bisa menyesuaikan dengan punggung. Inilah sebabnya beberapa brand keril memiliki besi penyangga yang terletak di bagian keril yang menempel dengan punggung. Besi penyangga ini berguna untuk menopang tas keril tetap tegak ketika keril telah terisi dan agar tas keril bisa tepat menempel dengan punggung. Selain itu pilih besi penyangga yang tepat yang sesuai dengan bentuk punggung. Semakin tepat posisi keril dengan punggung, maka akan semakin nyaman pula ketika membawa beban keril.
Contoh frame keril
Sedangkan keril dengan airback system yang empuk, berfungsi untuk sirkulasi udara yang baik ketika kegerahan. Busa di bagian punggung selain tebal, sebaiknya pilih yang berpori, ini juga untuk membantu sirkulasi udara ketika berkeringat. Namun cara yang paling tepat adalah mencoba keril secara langsung dan rasakan apakah terasa nyaman atau tidak. Keril yang nyaman dan tepat di punggung akan membantu punggung tidak cepat lelah.

4. Kantong di sisi samping keril dengan lapisan karet
Kantong di sisi samping berfungsi untuk tempat perlengkapan dan bekal yang sering diperlukan ketika mendaki. Ini karena menaruh di saku sisi keril akan lebih memudahkan daripada diletakkan di dalam keril. Misalnya tempat botol air mineral, senter, atau tali. Sedangkan ujung saku dengan bahan lapisan karet bertujuan agar perlengkapan atau botol air minum dalam kondisi erat di dalam kantong samping keril.

5. Pilih ukuran sesuai berat badan (atau postur tubuh) dan kegunaan 
Ukuran tas keril bervariasi mulai dari 30-50 liter, 50-85 liter, atau di atas 85 liter. Pilihlah ukuran keril sesuai postur tubuh atau menyesuaikan batas kemampuan masing-masing dan sesuai fungsi penggunaan. Jangan memilih ukuran keril hanya karena untuk terlihat lebih keren jika membawa tas yang gedhe. Membawa keril yang melampaui batas kemampuan justru akan berdampak kurang baik.
Pertimbangan kegunaan keril juga diperlukan pada saat memilih keril.
a. Ukuran 30-50 liter, jika pendakian atau perjalanan lebih sering dilakukan dalam waktu kurang dari 30 hari.
b. Ukuran 50-80 liter, jika srring melakukan pendakian atau perjalanan dalam waktu 3-5 hari. Ukuran ini sebenarnya bisa dimanipulasi menjadi kapasitas 60-80 liter, jika perlu membawa perlengkapan lebih banyak.
c. 80 liter atau lebih, untuk perjalanan atau pendakian yang memerlukan waktu lebih dari 5 hari. Keril ukuran ini juga sangat mungkin dipilih apabila melakukan pendakian solo hiking. Berbeda dengan pendakian secara berkelompok karena bisa melakukan pembagian perlengkapan kelompok ke beberapa keril.

6. Rain cover
Rain cover adalah bagian penting dari keril terutama pada saat mendaki di musim hujan. Sebaiknya pilih keril yang mempunyai rain cover. Namun tidak semua produk keril diproduksi dengan rain cover. Jika tidak terdapat rain cover, kamu bisa membeli rain cover sendiri secara terpisah dan pastikan selalu berada dalam keril.


Bagi pendaki wanita, sekarang tersedia carrier yang didesain khusus wanita untuk merk tertentu. Carrier khusus wanita akan lebih nyaman dan terlihat lebih stylish karena dirancang untuk menyesuaikan dengan bentuk tubuh dari wanita. Nah semoga referensi di atas bisa menjadi pertimbangan buat kamu dalam memilih keril yang nyaman ya..

No comments