Header Ads

3 Film Pendakian Gunung Terpopuler yang Wajib Kamu Tonton

Mendaki gunung memiliki banyak filosofi yang dapat membentuk karakter seseorang. Salah satunya adalah sikap peduli dan senasib sepenanggungan kepada teman sependakian. Inilah 3 film pendakian gunung terpopuler yang wajib kamu tonton jika kamu ngaku sebagai seorang pendaki, hehehe.. Film ini akan memberikan mindset baru dalam mendaki gunung, dan menginspirasi tentang kebersamaan dengan teman sependakian.

Film Everest Salah Satu Film Pendakian Gunung yang Populer

1. Everest
Tanggal rilis: 16 September 2015 (Indonesia)
Sutradara: Baltasar Kormákur


Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata ini merupakan kisah seorang pemandu Everest yang sedang membawa rombongan pendaki ke puncak tertinggi gunung Everest pada 10 Mei 1996. Rob Hall ( diperankan oleh Jason Clarke) bersama teman-temannya yang tergabung dalam tour Adventure Consultans harus berjuang melawan keganasan gunung Everest dengan ancaman suhu dingin ekstrim, badai salju, oksigen yang menipis, bahkan longsoran salju. Akhirnya Rob dan tim berhasil sampai ke puncak setelah melalui berbagai rintangan namun banyak yang sudah mulai merasa kelelahan. Doug Hansen, anggota tim ekspedisi yang mulai merasa kelelahan sebelum sampai ke puncak tertinggal dari teman-temannya yang telah mencapai puncak. Ketika Rob turun bersama pendaki lain yang telah menuruni puncak, Rob bertemu Doug yang fisiknya sudah semakin memburuk. Rob mengajak Doug untuk kembali turun dan tidak melanjutkan ke puncak karena waktu tidak akan cukup, dan berbahaya karena cuaca buruk. Tekat Doug begitu kuat untuk mencapai puncak. Doug bahkan berniat akan melanjutkan pendakian ke puncak seorang diri, sekalipun kondisi fisiknya sudah kurang baik ditambah cuaca buruk yang mungkin akan datang beberapa jam lagi. Karena tekat Doug yang begitu kuat, akhirnya Rob memutuskan menemani Doug kembali ke puncak.
Tragedi dimulai ketika mereka mulai menuruni puncak di sekitar Hillary Step. Cuaca mulai memburuk dengan datangnya badai hebat dan oksigen yang semakin menipis, sementara stok tabung oksigen sudah habis. Rob dan anggota tim lainnya  terjebak dalam keadaan yang mengancam nyawa mereka. Rob berada paling belakang yang menuruni puncak untuk menyelamatkan nyawa Doug.

Trailer film Everest :

Bagaimana nasib Rob dan rekan tim yang lain? Kamu musti lihat langsung aja deh filmnya. Yang pasti film ini temanya pendaki banget. Dari film Everest ini ada pesan penting yang bisa diambil, yaitu sikap peduli dan saling menjaga teman sependakian dan perlunya menahan ego dalam pendakian karena tujuan utama adalah pulang dengan selamat. Scott Fischer rekan Rob juga mengatakan "It's not about altitude, but attitude".

2. Vertical Limit (2000)
Tanggal rilis : 3 Desember 2000
Sutradara: Martin Campbell


Film ini berkisah tentang kakak beradik yang begitu lekat dengan kehidupan pendaki gunung.
Mereka adalah Peter Garret (diperankan Chris O'Donnel) dan Annie Garret (diperankan Robin Tunney). Ayah mereka yaitu Royce Garret (diperankan Stuart Wilson) merupakan seorang pendaki dan pemanjat tebing.
Film ini diawali dengan Royce Garret yang mengajak kedua anaknya, Peter dan Anny, melakukan panjat tebing. Namun, sebuah malapetaka terjadi, mereka terjatuh dan tergantung pada 1 tali karmantel yang mengikat mereka bertiga.

Royce menyadari tali tersebut tidak akan bertahan lama. Royce pun memilih untuk kehilangan nyawa demi kedua anaknya. Peter dan Annie selamat dari kecelakaan tersebut, tapi kejadian ini meninggalkan trauma mendalam bagi mereka berdua.
Setelah kejadian itu, Peter memilih meninggalkan hobi mendaki gunung dan menjadi seorang fotografer. Sedangkan Annie malah semakin sering melakoni hobinya mendaki gunung.

Nah, cerita petualangan pun dimulai, Annie yang telah dewasa menjadi seorang pendaki terkenal dunia, dilibatkan dalam sebuah ekspedisi bersama milioner Elliot Vaugh untuk menaklukkan K2, gunung tertinggi kedua di dunia yang berada di kawasan Himalaya.

Singkat cerita, dalam perjalanan pendakian, Tom mcLaren yang menjadi pemandu ekspedisi tersebut mendapat kabar tentang cuaca yang akan memburuk dan sangat berbahaya jika meneruskan pendakian. Tom berusaha meyakinkan untuk membatalkan pendakian ke puncak. Namun, Vaugh tetap ngotot bahwa pendakian harus tetap dilanjutkan.
Tak berapa lama cuaca buruk benar-benar datang. Badai mengakibatkan longsoran salju yang menyebabkan Vaugh, Annie, dan Tom terjatuh ke dalam gua vertikal yang dan tertutup rapat oleh salju. Mereka bertiga harus bertahan dari suhu dingin dan oksigen yang semakin menipis.
Peter, kakak Annie, bersama beberapa orang akhirnya naik untuk mencari dan menyelamatkan mereka bertiga.
Apakah sang kakak berhasil menyelamatkan Annie? Tonton filmnya ya..

Trailer film Vertical Limit :


Pesan dari film ini, keselamatan adalah tujuan utama, ambisi mencapai puncak dengan mengabaikan keadaan yang mengancam keselamatan adalah sia-sia.

3. North Face (2008)
Tanggal rilis: 9 Oktober 2008
Sutradara : Philipp Stölzl


Film The North Face atau Nordwand (bahasa Jerman) diambil dari sebuah kisah nyata pendakian di Gunung Eiger yang berada di Canton Ben, Swiss. North Face adalah jalur pendakian Gunung Eiger dengan medan terberat dan menantang. Bagi pendaki profesional, jalur ini menjadi tantangan untuk menguji ketangguhan mereka jika berhasil menakhlukkan jalur tengkorak ini, karena belum pernah ada yang berhasil mencapai puncak melalui jalur ini, dan banyak yang berakhir dengan meregang nyawa.

18 Juli 1936, Andi Hinterstoisser diperankan oleh Florian Lukas dan Toni Kurz yang diperankan oleh Benno Fürmann, pendaki asal Jerman yang juga tentara Nazi tertarik dengan tantangan menakhlukkan puncak Eiger 3970 mdpl di pegunungan Alpen, yang terkenal dengan jalur dinding kematian atau Death Wall di jalur pendakian North Face. Lokasi tersebut telah memakan banyak korban meninggal karena selalu diterpa badai dan longsoran salju dan batu. Sebelumnya 2 rekan mereka meninggal dan belum berhasil mencapai puncak. North Face merupakan dinding vertikal dengan medan tebing batu dan salju tebal.

Selain mereka terdapat 1 tim pesaing yang adalah pendaki dari Austria, Willy Angerer dan Edi Rainer yang akan menjadi tim pesaing mereka. Tanpa diketahui, ternyata 2 pendaki asal Salzburg ini mengikuti jalur yang dibuat oleh Andi dan Toni.

Ketika sampai pada ketinggian 3150 m, kondisi Willy semakin memburuk setelah kepalanya terluka karena longsoran batu. Toni dan Andi pun berupaya membantu tim pesaingnya yaitu Willy dan Edi.
Willy sempat terjatuh yang mengakitbatkan kondisinya makin parah karena kakinya patah.
Akibatnya Toni dan Andi sempat berdebat, Toni berpendapat untuk turun kembali membawa Willy, sedangkan Andi ingin tetap ke puncak sambil membantu Willy tetap bersama.
Namun akhirnya mereka memutuskan untuk membawa Willy kembali turun karena kondisi Willy yang semakin buruk.
Ketika perjalanan turun, badai salju datang dan menjadi malapetaka bagi mereka.
Lantas apa yang akan terjadi dengan mereka? Apakah mereka berhasil selamat dan membawa turun Willy?
Tonton filmnya, dijamin akan membuatmu ikut merasakan ketegangan.

Trailer film Vertical Limit :

Kutipan yang menarik dari film ini adalah, "Sangat sulit, pertarungan hidup dan mati. Untuk mereka yang pernah merasakan begitu dekatnya maut, akan tahu betapa berharganya hidup."

No comments