Header Ads

Gardu Pandang Dusun Cuntel Kopeng Kab. Semarang

Pegunungan umumnya menjadi tempat favorit bila anda sangat menyukai tempat yang sejuk berhawa pegunungan.Selain pemandangan gunung, hijaunya tanaman juga menjadi vitamin untuk mata.
Tempat ini sangat cocok untuk tujuan akhir pekan sekaligus untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan, yuk jalan-jalan ke dusun Cuntel, Kopeng, Kab Semarang, Jawa Tengah.

Gardu Pandang Dusun Cuntel Kopeng Kab. Semarang
Meskipun masih berada di wilayah Kabupaten Semarang, tempat ini sebenarnya lebih dekat dengan Kota Magelang dn Kota Salatiga. Dari Magelang maupun Salatiga hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengn jrk tempuh sekitar 32 km.

Terletak di lereng Gunung Merbabu, tidak jauh dari lokasi wisata Kopeng. Apabila sampai di Kopeng, masuk gang menuju dusun Cuntel kira-kira 1 km dari jalan raya.
Dusun Cuntel merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak gunung Merbabu yang masih menjadi jalur favorit bagi pendaki yang berasal dari Semarang, Salatiga dan sekitarnya.

1. Gardu Pandang Cuntel View
Lokasinya sebelum masuk ke dusun Cuntel. Terdapat sebuah Gardu di sisi knan jalan. Di lokasi ini mata akan disajikan pemandangan gunung Andong, gunung Telomoyo, bukit Gajahmungkur, dan rawa pening yang tampk di kejauhan.
Di belakang bukit pandang terlihat puncak Pemancar gunung Merbabu

Pemandangan gunung Telomoyo dan hutan pinus Umbul Songo
Gardu pandang Cunthel


2. Bukit Harapan Cuntel (BHC)
Sekarang dusun Cuntel lebih menata diri agar menarik banyak pengunjung datang ke tempat ini. Salah satu tempat yang punya spot bagus adalah Bukit Harapan Cuntel (BHC). Pohon kering tanpa dedaunan yang menjulang menjadi icon dan ciri khas tempat ini. Banyak pengunjung datang ke tempat ini dari yang sekedar untuk berfoto selfie sambil menikmati sejuknya udara pegunungan.

Pemandangan di Bukit Harapan Cuntel, tampak dari kejauhan gunung Sindoro Sumbing di sebelah kiri
(Gambar : ig @nettudivya)
Menjelang petang, sunsetnya dijamin bikin hati jadi adem
(Gambar : ig @niam.infijarun19)

3. Kebun Terong Belanda
Di desa Cuntel ini banyak ditemui pohon buah Terong Belanda, yang banyak ditemui di ladang-ladang warga sepanjang perjalanan menuju dusun Cuntel. Buah ini hanya dijual di desa setempat.

Buah terong Belanda
Namun sayangnya jumlh pohon buah terong Belanda di sini sekarang semakin berkurang. Pohon terong Belanda tampaknya bukan menjadi komoditas utama di dusun Cuntel. Pohon-pohon ini lebih banyak berada di pinggir ladang, sedangkan ladang ditanami dengan sayuran sebagai sumber mata pencaharian masyarakat. Semoga masih dijumpai banyak pohon terong Belanda, dan akan ada perkebunan luas dengan buah-buah terong Belanda yang menggantung menggoda mata yang melihatnya di sana, heheheh... 
Selamat jalan-jalan ke dusun Cuntel  Kopeng Kabupaten Semarang...


No comments