Header Ads

Memilih Kostum yang tepat untuk Mendaki

Naik gunung saat ini menjadi hobi yang semakin banyak diminati. Ada yang mendaki untuk mencari ketenangan di alam terbuka, ada juga yang ingin berburu panorama di puncak, atau bahkan ada yang naik gunung agar terlihat "kekinian", hehe.
Apapun yang menjadi alasan naik gunung, sah-sah saja asal tetap memperhatikan keselamatan diri.



Pastikan sebelum naik gunung sudah mengetahui sedikit pengetahuan mendaki, salah satunya pakaian yang tepat. Pakaian penting untuk dipertimbangkan supaya tidak menyulitkan saat pendakian, juga demi keselamatan si pendaki itu sendiri.




Berikut tips dan saran memilih pakaian yang tepat untuk mendaki yang:
1. Celana
Celana yang dipakai sebaiknya berbahan ringan, mudah menyerap keringat, dan mudah kering (agar keringat yang menempel pada celana cepat kering). Celana dirasa tepat dan recomended misalnya celana semi parasit, atau bisa juga memilih jenis celana training. Selain ringan, juga lebih nyaman untuk bebas bergerak. Jika kaki sering kram, jangan memilih celana yang ketat, misal celana jeans. Selain kurang bisa bergerak bebas, bahan jeans lebih berat dan lebih dingin. Walaupun sebenarnya memakai jeans lebih keren buat foto, hehe..



2. Kaos/baju/jaket
Usahakan memilih bahan yang menyerap keringat dan mudah kering. Disamping itu juga hangat ketika dipakai. Begitu juga dengan jaket, sebaiknya pilih jenis windbreaker atau waterproof yang dapat menahan air, angin, dan suhu dingin, namun tetap hangat dipakai. Jaket yang pas dengan tubuh dirasa lebih baik, karena membuat tubuh lebih rapat dari serangan suhu dingin.



3. Sepatu / sandal gunung
Pendakian menggunakan sepatu gunung lebih aman, karena sudah didesain khusus untuk mendaki. Selain kokoh, sepatu tersebut juga ringan untuk bergerak. Untuk pemilihan ukuran, sebaiknya tidak memilih ukuran yang terlalu ngepress atau malah kekecilan. Pilih yang sedikit lebih longgar (selisih 1 nomor lebih besar), supaya tidak lecet di jari-jari kaki.
Sepatu mendaki sekarang sudah banyak dijual di toko-toko perlengkapan outdoor.




Bagi yang lebih suka menggunakan sandal gunung, pilih yang benar-benar pas di kaki. Berbeda dengan sepatu, jika ukuran sepatu sandal tidak pas (masih longgar), bisa menyebabkan lecet. Sebaiknya gunakan kaos kaki yang tebal agar lebih aman dari sengatan hewan serangga atau rumput berduri. Namun jika memiliki sepatu, lebih baik memakai sepatu gunung karena lebih aman dari cedera kaki.


4. Topi Topi ini juga tidak kalah penting untuk menjaga kepala tetap hangat. Sebaiknya pilih topi berbahan hangat dan tebal, yang juga menutup telinga.





Apapun pakaian yang dipilih sebenarnya tidak jadi masalah, asalkan si pendaki nyaman dengan kostumnya. Namun, untuk melakukan pendakian di alam bebas tentunya akan lebih baik menggunakan kostum standart pendaki, yang aman dan tepat untuk menghadapi kondisi alam yang ekstrim.
Jangan sampai anda mengalami hipotermia atau kaki kram karena salah kostum, hanya untuk tampil trendy di gunung.. 

Semoga bisa menjadi sedikit informasi yang bermanfaat sebelum nanjak ke puncak.

No comments