Mereguk Segarnya Air Terjun Curug Kembar 7 Bidadari Sumowono Jawa Tengah - Tenda Inspirasi

Tenda Inspirasi

Info Pendakian dan Jalan-jalan

Post Top Ad

Cari topik di sini....

Saturday, November 28, 2015

Mereguk Segarnya Air Terjun Curug Kembar 7 Bidadari Sumowono Jawa Tengah

Penat dengan pekerjaan? Refresh kembali pikiran dengan nuansa hijaunya alam pegunungan yang menyejukkan mata.
Gunung Ungaran Kab. Semarang, memiliki banyak pilihan tempat menarik yang bisa menjadi destinasi wisata di akhir pekan. Selain wisata sejarah budaya Candi Gedong Songo yang sudah tidak asing di telinga, gunung Ungaran juga memiliki banyak lokasi wisata gunung yang sayang jika tidak dikunjungi.

Air terjun kembar curug 7 bidadari

Tidak jauh dari lokasi Candi Gedong Songo, terdapat air terjun yang berbeda dari air terjun biasanya, warga sekitar menyebutnya Curug Kembar 7 Bidadari. Berada di desa Keseneng, Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Mendengar namanya saja membuat orang menjadi penasaran seperti apa air terjun ini.

"Curug" (bahasa Jawa) berarti air terjun. Sedangkan nama 7 bidadari bukan berarti ada 7 wanita cantik yang sedang 'nongkrong' mandi di sana, tetapi pemberian nama tersebut karena keunikan bentuk air terjunnya yang bertingkat dan berjumlah cukup banyak.

Air terjun terdiri dari beberapa bagian. Bagian utama yang berada paling atas, berbentuk seperti batu cekungan berdiameter sekitar 10 meter, dengan kedalaman 3-4 meter. Disini pengunjung harus hati-hati agar tidak terpeleset. Dan anak-anak tidak diperbolehkan berenang disini.
Kemudian aliran bercabang menjadi beberapa aliran ke bawah.
Di bagian bawah ini anak-anak bisa mandi dan menikmati sejuknya air pegunungan Ungaran.

Air terjun yang sangat cocok untuk mandi dan bermain
Anak-anak bermain dan mandi di bawah air terjun

Petunjuk jalan :
Dari Ambarawa, ikuti jalan menuju Bandungan. Kemudian sampai di pertigaan pasar Bandungan, belok kiri menuju Candi Gedong Songo. Setelah sampai di pertigaan dekat pom bensin Sumowono (pom bensin di kiri jalan, jika ke candi Gedong Songo belok kanan), pilih jalan lurus menuju desa Blantir.
Sampai di barak militer desa Blantir, apabila bertemu pertigaan belok kiri ke arah desa Duren. Pemandangan akan disuguhi dengan nuansa pedesaan yang asri. Setelah melewati desa Duren kurang lebih 1,5 km lagi sampai di lokasi. jalan desa menuju lokasi cukup lebar untuk dilewati kendaraan roda 4 pribadi maupun minibus umum.



Sebelum memasuki area, pengunjung membayar tiket masuk dan parkir. Area parkir yang tersedia cukup untuk menampung kendaraan-kendaraan pribadi roda 4, bus atau minibus, maupun kendaraan roda 2.

Untuk menuju lokasi air terjun tidak dibutuhkan waktu lama den tenaga extra, karena tidak jauh dari lokasi parkir dan tidak menanjak seperti kebanyakan lokasi air terjun yang mengharuskan pengunjung berjalan jauh untuk bisa mencapai lokasi.

Penasaran? segera agendakan akhir pekan bersama keluarga di Curug Kembar 7 Bidadari.





Baca juga :
Post a Comment