Header Ads

4 Gardu Pandang Ngehits yang Wajib Kamu Kunjungi di Kawasan Wisata Selo Boyolali

Hello travellers, yang doyan jalan-jalan, ngebolang, maupun berburu foto biar makin nge-hits, sudah main ke Boyolali belum? Kalau lagi berkunjung ke Boyolali, yuk mampir dulu ke kawasan wisata Selo.

Gunung Merbabu yang mempesona dilihat dari New Selo Merapi 

Kecamatan Selo berada di wilayah Kabupaten Boyolali yang merupakan daerah yang berada di antara gunung Merapi dan Merbabu. Letaknya yang tepat berada di antara 2 (dua) gunung besar yang populer di kalangan pendaki menjadikan kawasan Selo begitu istimewa dengan suasana pegunungan yang bikin betah.

Di sisi jalan sepanjang perjalanan, ladang-ladang warga nan hijau juga menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Tak hanya itu, udara pegunungan juga menjadi alasan kenapa saya malas untuk pulang ketika berada di sana.


Sekarang, Kawasan Selo semakin mempercantik diri terutama di sektor pariwisata. Kalau dulu orang mengenal Selo hanya sebagai basecamp-nya para pendaki Merapi Merbabu, sekarang kawasan Selo semakin dikenal dengan dibangunnya gardu pandang oleh masyarakat lokal untuk menggali potensi wisata di daerahnya.
Dari bukit gardu pandang, dijamin mata akan dimanjakan dengan view pegunungan yang kece badai.. dan ini sedikit info yang akan kita share buat kamu gaess..

1. Omah Bamboe, New Selo Merapi 
Omah Bamboe atau disebut Rumah Bambu berada di lereng gunung Merapi, tepatnya di kawasan New Selo.

Bangunan bambu menambah nuansa sejuk di mata ditambah landscape Merbabu

Lokasi untuk mencapai Omah Bamboe cukup mudah. Dari jalan utama akan terdapat plang petunjuk menuju basecamp pendakian gunung Merapi, tepatnya desa Lencoh Kecamatan Selo Kab. Boyolali. Dari jalan utama lurus saja naik mengikuti jalan aspal sampai ke lokasi yang disebut New Selo. Ketika sampai lokasi, mata akan disuguhi dengan hamparan ladang dan pemandangan gunung Merbabu.  

Sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan gunung Merbabu

Di lokasi New Selo terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk mobil maupun motor. Bagi yang menggunakan mobil harap hati-hati karena jalan menanjak cukup curam, jadi pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima.

Untuk masuk ke gardu pandang Omah Bamboe pengunjung akan dikenakan biaya masuk Rp. 10.000,- (pada Oktober 2016).
Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang gunung Merbabu, maupun latar belakang lereng Merapi yang tepat berada di belakang. Namun untuk naik ke menara perlu hati-hati dan naik secara bergantian karena jika berlebihan muatan akan berbahaya karena kelebihan beban.

2. Bukit Gancik
Bukit Gancik berada di dusun Selo Nduwur Kecamatan Selo Kab. Boyolali. Lokasinya berada pada 1 desa dengan basecamp pendakian gunung Merbabu jalur Selo. Bukit Gancik merupakan sebuah gardu pandang dari bambu setinggi ± 9 meter yang menghadap langsung ke gunung Merapi. 

Bagi penyuka hobi selfie tempat ini cukup lebar untuk berfoto
Untuk menuju lokasi terdapat bantuan papan petunjuk di jalan utama Selo. Selanjutnya akan menelusuri desa Selo, dan terdapat gardu loket pembayaran tiket masuk dengan biaya per orang Rp 5.000 (harga pada September 2016). Kendaraan roda 4 (empat) hanya bisa sampai di sini saja karena selanjutnya jalan yang dilewati merupakan jalan dengan lebar 1 meter yang berada di sisi-sisi lereng bukit dan ladang warga.  

Desa Selo jadi pemandangan utama dengan ladang hijau
(Foto : ig @valitaclaudya repost by @dolanboyolali)
Perjalanan akan ditempuh kurang lebih 30 menit berjalan kaki sampai ke lokasi gardu pandang bukit Gancik. Apabila menggunakan motor, bisa dititipkan pada rumah warga. Jika berniat membawa motor sampai ke lokasi, diharap berhati-hati karena medan berupa jalan selebar kurang lebih 1 meter yang di sisi kanan kirinya berupa ladang warga dengan kemiringan yang cukup curam.

Namun apabila kurang yakin atau kurang pede, sebaiknya menggunakan jasa ojek yang bersedia mengantar sampai ke lokasi bukit Gancik. Terlebih jika kondisi hujan, tidak terbayang bagaimana repotnya membawa motor dengan kondisi jalan yang licin.
Di bukit Gancik terdapat batu Tapak Bima, yang merupakan tapak dari kaki yang berukuran kurang lebih 2 (dua) kali besar kaki manusia normal.

3. Gardu Pandang Suroteleng
Berikutnya yang tidak kalah indah pemandangannya adalah Gardu Pandang Suroteleng.

Keindahan gunung Merbabu terlihat jelas dari atas menara bambu

Jembatan penghubung di antara 2 menara
Berada di dusun Suroteleng desa Samiran Kecamatan Selo. Di tempat ini mata akan disuguhi pemandangan ladang-ladang warga dengan indahnya landscape gunung Merbabu.

Pohon Bintang, salah satu spot Suroteleng

Gardu pandang Suroteleng memiliki 3 spot foto yang sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan gunung Merbabu tepat di depan mata. 3 spot tersebut yaitu Bukit Mantuk, Bukit Batur, dan Pohon bintang.

Akses jalan menuju lokasi kurang lebih 2,5 km dari jalan utama (Boyolali-Magelang).
(Baca petunjuk menuju lokasi di sini : Mencumbu Gunung Merbabu dari Gardu Pandang Suroteleng)
Lokasi ini juga cukup nge-hits untuk berselfie di atas papan yang dibuat pada sebuah pohon. Untuk ke bukit Suroteleng dikenakan karcis masuk sebesar Rp 7.500 per orang (Oktober 2016).

4. Gardu Pandang Alam Sutera
Yang tak kalah seru dan menarik view-nya, gardu pandang Alam Sutera. Berada di dusun Pojok Desa Samiran Kecamatan Selo.

Menikmati lereng Merapi di atas jurang gunung

Lokasinya berada di sebuah bukit yang terletak di punggung gunung Merapi. Tempat ini juga didominasi bambu-bambu yang dibangun apik untuk berfoto.
Bambu-bambu disusun untuk berfoto selfie di atas jurang gunung Merapi.

Indah ya pemandangannya...
(Foto : ig @tuti0109 repost by @dolanboyolali)
Dari gardu pandang Alam Sutera dapat melihat lereng gunung Merapi dari dekat dan keindahan ladang masyarakat di sekitar Merapi.

Nah itu tadi wisata alam di Kawasan Selo Boyolali yang bakal bikin mata jadi sehat, hati jadi sejuk. Dan sangat bisa bikin kamu baper jika punya kenangan manis di tempat ini.. :-)

Bagaimana, tertarik untuk menjelajahi 4 (empat) gardu pandang tadi?
Baca Juga : 
1. Jalur Pendakian Gunung Merapi via Selo

2. Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Selo


Post a Comment