Air Terjun Grenjengan Kembar, Pakis Kab. Magelang - Tenda Inspirasi

Tenda Inspirasi

Info Pendakian dan Jalan-jalan

Post Top Ad

Cari topik di sini....

Thursday, March 2, 2017

Air Terjun Grenjengan Kembar, Pakis Kab. Magelang

Pengen nyari suasana pegunungan buat ngadem?
Yuk jalan-jalan saja ke air terjun Grenjengan kembar. Berada di dusun Citran, desa Munengwarangan, kecamatan Pakis, Kab. Magelang Jawa Tengah.
Terdapat 2 (dua) buah air terjun setinggi sekitar 25 meter yang letaknya bersebelahan. Selain keindahan air terjun, sejuknya udara di tengah pepohonan hutan pinus bakal bikin pikiran jadi makin adem.


Salah satu sisi air terjun Grenjengan Kembar

Air terjun Grenjengan Kembar masuk dalam kawasan taman nasional gunung Merbabu. Keistimewaan air terjun ini adalah memiliki 2 (dua) buah air terjun yang berjajar berdekatan dengan hiasan pohon-pohon pakis di sekitarnya. Ketinggian air terjun kurang lebih 25 meter. 

Air terjun Grenjengan Kembar

Lokasi air terjun cukup mudah diakses dengan berjalan kaki. Jalan ke lokasi sudah dibuat dan ditata dengan baik sehingga aman dan tidak melelahkan. Jalan dari semen selebar kurang lebih 1,5 meter akan membawa pengunjung menyusuri jalan dusun menuju perkebunan. Jalan terbilang datar dan mudah karena tidak jauh dari lokasi parkir dan landai.

Akses jalan menuju lokasi
Sebelum mencapai air terjun udara akan semakin sejuk ketika memasuki area hutan pinus. Kebersihan nampaknya diperhatikan dan dijaga dengan baik oleh pengelola dan warga setempat. Fasilitas umum bagi pengunjung juga sudah disediakan bagi pengunjung seperti tempat parkir, toilet, warung makan, dan shelter untuk bersantai menikmati sejuknya hutan pinus bernuansa pegunungan ini. Bagi para pecinta hammock, tempat ini juga cocok buat berselfie.

Parkir cukup luas untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4
Toilet umum
Warung yang menjajakan makanan

Petunjuk menuju lokasi
Untuk menemukan lokasi air terjun Grenjengan Kembar cukup mudah, karena petunjuk arah sudah terpasang dengan baik di sepanjang perjalanan.

Dari jalan Magelang - Salatiga melalui Kopeng, terdapat plang petunjuk air terjun Grenjengan Kembar. Jika dari arah kota Magelang, plang petunjuk berada di kiri jalan. Jika dari arah Kopeng plang petunjuk berada 11 km dari Kopeng atau 4 km setelah pasar Kaponan.

Petunjuk arah di jalan raya Magelang - Kopeng

Pertama-pertama akan masuk ke Dusun Noyoketen Desa Gumelem. Dari dusun ini akan ada plang petunjuk yang mudah ditemukan menuju lokasi.

Plang petunjuk di dusun Noyoketen

Dari dusun Noyoketen kemudian akan melewati dusun Kragilan Desa Munengwarangan, sebelum sampai ke dusun Citran lokasi air terjun.

Plang petunjuk di dusun Kragilan desa Munengwarangan

Tiket masuk lokasi
Harga tiket terjangkau di kantong, Rp 5.000/orang pada hari biasa, dan Rp 7.500/orang pada hari libur. Selain itu pengunjung juga dikenakan iuran Rp 3.000/orang untuk jasa kebersihan dan pemeliharaan.
Tiket parkir Rp 2.000/kendaraan.

Bagi yang akan jalan-jalan ke Grenjengan Kembar, jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ya gaes... 😊
Post a Comment