Header Ads

Tips Persiapan Sebelum Mudik Lebaran



Lebaran sebentar lagi, tiba saatnya hari yang membahagiakan di hari kemenangan, saling memaafkan atas segala dosa yang diperbuat, dan bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman.




Nah bagi anda yang nanti sudah berencana pulangng ke kampung halaman untuk menemui sanak saudara, sebaiknya mulai sekarang sudah menyiapkan apa saja yang diperlukan untuk perjalanan menuju kampung.
Bagi anda pemudik yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik.

Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.
Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap 'tempur'.

Berikut tips mempersiapkan mudik bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman :

1.  Berdoa untuk kelancaran perjalanan mudik
Hal yang wajib tidak boleh dilakukan pastinya adalah berdoa, jauh-jauh hari jangan lupa selalu berdoa agar ketika mudik nanti diberi kelancaran dan dijauhkan dari halangan. Dengan berdoa juga membuat Anda dihindarkan dari berbagai macam bencana maupun hambatan-hambatan. Dan ketika anda berdoa memohon kepada Tuhan, pasti perjalanan akan lebih tenang. Jangan lupa mohon diberi kesabaran dan ketenangan, apalagi saat-saat mudik nanti pasti padatnya jalan raya akan banyak menguji kesabaran anda.

2.  Jaga Kondisi Kesehatan Badan
Pastikan paling tidak 1 minggu sebelum mudik, anda sekeluarga dalam kondisi sehat dan fit. Kurangi begadang malam, dan istirahat teratur. Kebayang khan bila perjalanan jauh anda masuk angin atau mulas, atau bahkan tensi naik, wah bisa bahaya untuk anda dan keluarga, apalagi bila anda sebagai driver nya.

3.  Cek Kondisi Kendaraan dan Perlengkapan
Selain kondisi badan, kendaraan yang akan dipakai juga harus dipersiapkan dalam kondisi sehat. Periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan (tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa perlengkapan (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll. Kemudian cek juga surat-surat kendaraan dan SIM. Dan kalau anda pengendara motor jangan lupa juga bawa jas hujan.

4.  Persiapkan Pulsa, Quota, Perangkat Hp
Bayangkan bila perjalanan panjang, HP low bat dan charger anda ketinggalan, rasanya seperti mati tak berkutik. Maka jangan lupa charger dan power bank selalu kembali ke tas apabila sudah dipacking akan dibawa untuk mudik. Sebaiknya sebelum berangkat HP juga sudah dicharge sampai penuh. Persiapkan juga quota internet karena informasi dari internet nanti akan cukup banyak membantu ketika di perjalanan.

5.  Obat-Obatan
Mulai sekarang anda harus sudah mempersiapkan obat-obatan yang biasa anda minum, misalnya Antangin, hehehe, terutama apabila mudik bersama anak-anak. Bawa juga kapas atau tissu, sepele sih kelihatannya tapi nanti sangat berguna di perjalanan.

6. Nomor telepon penting
Dengan mengantongi nomor telpon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu bila mengalami masalah dalam perjalanan.

7.  Peta Jalur Mudik
Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik. Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang jalur mudik anda.

9.  Bekal Makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.
Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri. Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken. Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

8.  Packing Barang/ Muatan Dengan Benar
Setelah semua barang sudah dipersiapkan, sekarang mulailah anda packing ke dalam tas yang akan dibawa perjalanan mudik. Urutkan barang/ muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat sering dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

9.  Perlengkapan Bayi
Untuk anda yang memiliki bayi, mulai persiapkan keperluan-keperluan apa saja yang harus dibawa. Kemudian packing ke tas bayi. Jadi pada saat berangkat tinggal cangking.

10. Kaset/CD
Kaset/flasdisk/CD favorit bisa dipersiapkan untuk hiburan pada saat perjalanan dan saat beristirahat di perjalanan. Ini agar perjalanan tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira. Tapi ingat, bila anda naik motor, sebaiknya jangan memakai headset saat berkendara, supaya anda tetap berkonsentrasi pada jalan. Lebih bahaya lagi kalau anda mendadak joget karena berkendara sambil mendengarkan dangdut... hokya banget khan....

11. Kunci dan gembok tambahan pengaman Rumah
Ketika mudik, anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Hal ini biasanya rentan menjadi sasaran maling. So, tidak ada salahnya anda mulai membeli kunci dan gembok tambahan di toko besi, dan membenahi rumah anda agar aman ketika ditinggal mudik.

12.  Membawa Uang Tunai secukupnya
Dan yang terakhir yang tidak boleh anda lupakan adalah, bawa uang secukupnya saja. Disarankan tidak perlu membawa uang terlalu banyak di dalam tas, yang penting jangan lupa ATM selalu di dalam dompet anda.



Sekian, semoga bermanfaat bagi anda yang akan mudik..
Tetap berhati-hati, dan dahulukan keselamatan anda dan keluarga...

No comments